Pembawa Acara / MC


Pembawa Acara adalah seseorang yang ditugaskan untuk mengumumkan acara yang sedang berjalan, sesuai dengan urutan yang telah ditetapkan, yang sifatnya resmi, dan tidak banyak improvisasi dalam menghantar acara.

Seorang PA sangat terikat dengan etika protokoler. Sepintas lalu tugas membawakan acara ini gampang dan mudah, hanya sekedar mengumumkan dan menyampaikan
acara, tapi apabila ditinjau secara mendalam, tugas pembawa acara tidak hanya sebatas menyampaikan acara.Disamping bertugas menyampaikan acara, pembawa acara juga mempunyai fungsi yang tidak kalah pentingnya yaitu :

1.Berusaha menarik perhatian hadirin untuk tetap fokus mengikuti jalannya acara.
2.Mengatasi kendala yang dapat menganggu kelancaran acara
3.Membantukelemahan/kealpaanpanitiapenyelenggara.Pembawa 

Acara/MC/Announcer//Presenterharus :
a. Berkemampuan berbicara didepan umum, dapat mengekspresikan apa yang difikirkan dan dirasakan kepada orang lain, memiliki banyak pengetahuan umum yang akan memungkinkan dia untuk berbicara lebih luas.
b. Berkemampuan bahasa yang baik
c. Mempunyai suara yang berkwalitas
d. Menguasai penggunaan alat-alat pengeras suarae. Berpenampilan yang baik, tahu bagaimana berbusana yang serasi dan sesuai acara.
f. Fleksibel, luwes, mmudah menyesuaikan diri dengan situasi
g. Mudah bergaul, ramah dan pembawaannya disenangi banyak orang.
h. Percaya diri
i. Kreative dan banyak ide
j. Good looking, tidak perlu terlalu cantik atau gagah, tapi bisa tampil menawan.

Pentingnya MC/PA
Semakin meningkatnya aktifitas masyarakat, semakin peduli akan pentingnya etiket dan tata cara, dan menandai kegiatan penting dengan acara ceremonial. Penyelenggaraan acara yang sukses akan mempengaruhi kredibilitas penyelenggara. MC/PA
menjadi bagian penting yang tak terpisahkan. 

MC/PA sudah mendapat pengakuan dan memperoleh penghargaan yang baik oleh masyarakat, dan berkembang menjadi profesi yang profitable. Karena itu, dituntut profesionalitas, kreativitas dan kematangan pribadi seorang MC/PA. Profesi MC/PA juga dipandang sebagai profesi yang glamor, karena berkesempatan bertemu dengan karangan atas dan celebrities, sehingga harus tampil sebaik mungkin. Wajah cantik, ganteng, menarik dan pandai bicara tidak menjamin
bisa menjadi PA/MC atau penyiar di TV.  Penampilan memang menentukan, tapi bukan yang utama karena kecantikan dan ketampanan itu relatif. 

Yang terpenting : enak dilihat atau good looking punya karakter, berkeinginan untuk belajar, memperluas wawasan, punya latarbelakang pendidikan yang memadai, rajin membaca, punya rasa percaya diri yang tinggi, pandai berimprovisasi, penguasaan yang baik pada bidangnya, dan mau kerja keras. Kemampuan intelektual yang tinggi, pengetahuan dan wawasan yang luas, akan mampu membuat seseorang terlihat menjadi lebih cantik didepan orang lain.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top