SEO BLOG & TEMPLATES
CB Magazine »
KOMUNIKASI
»
Pengertian Komunikasi
Pengertian Komunikasi
Posted by Irwan Magazine on Sabtu, 27 Desember 2014 |
KOMUNIKASI
Komunikasi merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan manusia, baik sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial. Manusia tidak akan terlepas dari hubungannya dengan manusia lain, yang saling mempengaruhi dan berinteraksi demi memenuhi kebutuhannya dan kepentingannya.
Karena komunikasi merupakan salah satu dari kegiatan interaksi sosial diantara sesama
manusia, sebab pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang harus selalu berkomunikasi dengan manusia lain. Oleh karena itu, komunikasi merupakan hal yang biasa terjadi di dalam kehidupan manusia.
Secara etimologis komunikasi berasal dari bahasa latin communis yang berarti “sama”, communico, communicatio yang berarti membuat sama (tomake common), communicatus yang mempunyai arti berbagi atau menjadi milik bersama. Komunikasi diartikan sebagai proses berbagi informasi atau penyampaian pesan diantara pihak-pihak yang melakukan aktifitas komunikasi tersebut.
Dan yang dimaksud dengan sama di sini ialah persamaan makna. komunikasi menyarankan bahwa suatu pikiran, suatu makna atau pesan dianut secara sama. Komunikasi dapat berjalan efektif jika terjadi persamaan makna terhadap simbol-simbol atau pesan yang dilemparkan pada saat seseorang melakukan hubungan dengan lingkungannya.
Adapun definisi komunikasi menurut Everett M. Rogers dalam buku
Komunikasi Suatu pengantar milik Deddy Mulyana, komunikasi adalah :”Proses di mana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.” (Mulyana, 2007 : 69)
Sejalan dengan definisi di atas, Onong Uchjana Effendy mengemukakan
pendapatnya bahwa pengertian komunikasi adalah: “Proses penyampaian suatu pesan dalam bentuk lambang bermakna sebagai panduan pikiran dan perasaan berupa ide, kepercayaan, harapan, himbauan dan sebagainya. Yang dilakukan seseorang kepada orang lain, baik langsung secara tatap muka, maupun tak langsung melalui media dengan
tujuan mengubah sikap, pandangan atau perilaku.” (Effendy, 2003: 60)
Top 5 Popular of The Week
-
Fakta Apa : Pembongkaran kios-kios pedagang kaki lima Di mana : Sepanjang Jl. Mayor Kusmanto. Siapa : Pembongkaran di...
-
Master of Ceremonies (MC) adalah orang yang bertindak selaku pemandu sekaligus tuan rumah sebuah acara (event). Setidaknya ada sembilamn (9)...
-
Diera revolusi industry, perubahan social yang dihela ekspansi modal para kapitalis telah melahirkan masyarakat industrial yang ditandai ole...
-
Kalian mungkin pernah mengikuti kegiatan studi wisata. Studi wisata adalah kegiatan sambil belajar. Misalnya, studi wisata ke museum, candi,...
-
Di Indonesia, nama adalah doa. Beberapa orang tua berusaha memberi nama anak-anaknya seunik mungkin, sehingga tidak pasaran. Nama anak j...
Tidak ada komentar: